Rabu, 17 Maret 2010

Segoro Anakan



Letak
Terletak di dusun Tawang Wetan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo (Lorog), Kabupaten Pacitan. Dari kota Pacitan untuk menuju pantai ini harus di tempuh dengan jarak sekitar 40 km. Itu pun harus melewati medan yang lumayan menantang karena jalan yang naik turun melewati gunung dan lembah. Tapi sebelum mencoba sebaiknya jangan menyerah dulu. Selain jalan-jalan yang dikelilingi dengan panorama keindahan alam, ternyata pantai yang membentuk sebuah teluk ini memiliki potensi yang luar biasa baik dari segi wisata maupun Sumber Daya Alamnya.
Pantai segoro anakan yang oleh penduduk Tawang sering disebut dengan pantai Ngglandang ini memiliki ombak yang kecil-kecil berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang berada di pesisir laut selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar-besar. Hal ini disebabkan pantai ini merupakan sebuah teluk. Sebagai jalan keluar masuk perahu-perahu nelayan yang menghubungkan pantai dengan laut lepas, ada sebuah jalan penghubung dengan lebar kira-kira 100 meter yang oleh penduduk setempat disebut dengan nama Plawangan yang berasal darikata lawang yang artinya Pintu.

Potensi Wisata

Pantai yang mempunyai ombak kecil dan berada di dekat daerah pemukiman penduduk ini, digunakan oleh penduduk setempat yang mayoritas bermata pencaharian nelayan sebagai tempat berlabuhnya perahu-perahu. Seiring berkembangnya jaman, pantai ini telah mengalami perubahan. Di sekitar pantai ini telah didirikan bangunan-bangunan seperti TPI (Tempat Pelelangan Ikan), warung-warung makanan, gudang-gudang peralatan nelayan dan bangunan-bangunan lainnya seperti tempat pemeliharaan udang lobster. Dengan demikian wajah alami pantai ini sedikit mengalami pergeseran yajng disebabkan oleh bangunan-bangunan yang didirikan di sekitarnya.
Meskipun pantai ini mengalami perubahan, namun ada sesuatu yang membuat pantai ini tetap enak dibuat untuk menyegarkan mata. Karena di teluk segoro anakan ini memiliki hamparan-hamparan pasir yang membentuk sub-sub pantai. Dikatakan demikian, karena pada teluk ini terdapat 8 pantai kecil-kecil yang ukurannya masing-masing tak lebih dari 300 meter, yang masing-masing memiliki ciri tersendiri. Diantaranya adalah Pantai Segoro Anakan sendiri (pantai yang digunakan untuk berlabuhnya perahu-perahu nelayan), Pantai Ngaluran (memiliki panjang pantai sekitar 300 meter dan lebar kira-kira hanya 10 meter pasir, dan selanjutnya berupa lumpur). Pantai Setro (bersebelahan dengan pantai Ngaluran, hanya dipisahkan oleh batu besar, Pantai Nglaran (Pantai ini sangat unik karena seluruh permukaan pantai ditutupi oleh batu-batu kecil semacam batu koral yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai sekitarnya), Pantai Wedhi Putih / Pasir Putih (sesuai dengan namanya pantai ini berupa hamparan pasir putih), Pantai Kamal Tuo, Pantai Kamal Enom dan Pantai Dadab Bong (ketiga pantai ini memiliki ciri yang hampir sama selain letaknya berdekatan, struktur pantainya pun hampir sama yaitu berupa batu-batu karang, sedangkan pasirnya hanya sebagian sedikit saja). Bersambung (tunggu episode berikutnya tentang profil pantai segoro anakan dan pantai-pantai  lain di desaku beserta potensi-potensi yang dimiliki)
LaWYouR / BocaH PaciTan XoTC / Bocahetawang...... untuk desaku

Tidak ada komentar: